Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Karo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kasus Sengketa Lahan Dominasi Permasalahan di Kahayan Hilir

  • Oleh Muhammad Badarudin
  • 07 Oktober 2019 - 14:32 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Kasus sengketa lahan masih mendominasi permasalahan di Kecamatan Kahayan Hilir. Bahkan, setiap bulannya, pihak kecamatan selalu ada menangani masalah sengketa lahan. 

Camat Kahayan Hilir, Sugondo mengatakan, permasalahan kasus sengketa lahan ini memang cukup rumit. Sebab, masing-masing orang mengaku memiliki lahan. 

"Bahkan kasus sengketa lahan ini rawan menimbulkan konflik," kata Sugondo, Senin, 7 Oktober 2019.

Dia menambahkan, kasus sengketa tanah yang terbaru ditangani saat ini ada di wilayah Kelurahan Kalawa. Sengketa lahan ini terjadi karena administrasi tanah yang tidak terkelola dengan baik. 

"Surat-suratnya tidak ada. Kemudian oleh pemilik pertamanya tanah itu dibiarkan saja tidak diurus. Lalu dikelola oleh masyarakat lainnya. Kondisi seperti ini yang bisa menimbulkan sengketa," ujar dia. 

Sugondo mengimbau, masyarakat yang memiliki lahan mulai sekarang harus mengurus legalitas tanahnya. Hal itu supaya menghindari konflik atau sengketa tanah. 

"Kalau lahannya tidak diurus ya rawan diserobot orang. Kalau ada surat-suratnya biarpun ditinggalkan dalam waktu yang cukup lama tidak masalah saja. Asalkan suratnya lengkap," ucap Sugondo. (M.BADARUDIN/B-11)

Berita Terbaru