Stunting Ancaman Utama Terhadap Kualitas Manusia Indonesia

  • Oleh James Donny
  • 07 Oktober 2019 - 15:06 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Bupati Pulang Pisau Edy Pratowo menyebut masalah stunting menjadi ancaman utama terhadap kualitas manusia Indonesia.

"Bicara soal stunting sama halnya bicara tentang masa depan bangsa dan generasi mendatang," katanya.

Menurutnya stunting bukan masalah saat ini saja, tapi masalah yang dampaknya baru akan dirasakan di masa depan.

"Masalah stunting ini adalah masalah nasional yang cukup serius karena bisa menggangu pembangunan negara. Masalah stunting ini juga menjadi ancaman terhadap kemampuan daya saing bangsa," terangnya.

Adanya pengetahuan masyarakat dan kesadaran akan masalah stunting ini terutama untuk ibu hamil untuk harus menjaga pola makan dan gizi yang baik agar melahirkan anak yang sehat sehingga ke depannya angka stunting bisa menurun.

"Masyatakat perlu diberikan pemahaman pentingnya pendidikan dasar ini, karena penanganan stunting sudah menjadi salah satu gerakan dan program prioritas nasional," katanya.

Bupati menjelaskan saat ini pemerintah telah memulai langkah yang baik melalui penggunaan dana desa untuk pencegahan stunting.

"Sejak 2015 hingga 2019 dana desa telah berkontribusi pada peningkatan intervensi sensitif pencegahan stunting," ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pulang Pisau, Muliyanto Budihardjo juga mengharapkan kerja sama semua sektor dalam menurunkan angka stunting.

Dia mengatakan dinas kesehatan telah melakukan beberapa kali pertemuan lintas sektor untuk menyatukan persepsi dan di antaranya untuk mendukung program Kembang Kasagi atau Pengembangan Kampung Sadar Gizi. (JAMES DONNY/B-6)

Berita Terbaru