Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bengkalis Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

4 Pemimpin di Asia Masuk Daftar 50 Muslim Berpengaruh

  • Oleh Tempo.co
  • 07 Oktober 2019 - 15:52 WIB

TEMPO.COJakarta - Pusat Studi Islam Kerajaan Yordania (MABD) mempublikasi daftar 50 pemimpin Muslim berpengaruh. Presiden RI Joko Widodo masuk dalam daftar ke-16 karena dinilai sebagai politikus yang bersih dan sukses.

Selain Presiden RI Joko Widodo, berikut empat tokoh muslim dari kawasan Asia yang juga masuk dalam daftar tersebut seperti dikutip dari themuslim500.com.

1. Ketua Nahdlatul Ulama (NU), Said Aqil Siradj

Said dinilai telah mengembangkan latar belakang ilmu pengetahuan Islam, khususnya pendidikan sebagai sarana untuk berkembang. Melalui perannya sebagai Ketua NU, Said mendirikan Said Aqil Centre di Mesir, sebuah pusat studi yang fokus pada pengembangan wacana Islam, khususnya di negara-negara Arab.

2. Perdana Menteri Pakistan, Imran Khan.

Khan terpilih menjadi orang nomor satu di Pakistan pada 2018 di tengah-tengah tingginya harapan untuk membawa Pakistan menjadi negara yang lebih bertanggung jawab, korupsi berkurang dan teratasinya masalah-masalah pemerintahan.

Khan mengalami tahun pertama yang sulit, ekonomi rapuh, reformasi sistem keuangan lambat dan adanya kecurigaan pengaruh tentara pada pemerintahannya. Namun dia bisa menghindari Pakistan jatuh pada default atau gagal bayar sehingga bisa mengamankan pinjaman dari para sekutunya.

Khan, meski ragu, akhirnya mengambil pinjaman dari IMF. Dia berjanji ini pinjaman terakhir Pakistan ke IMF di bawah pemerintahannya.

Pakisan terhitung sudah tiga kali mengambil dana talangan dari IMF sejak 1980-an. Perekonomian negara itu tumbuh lebih lambat dari yang diperkirakan, mata uang rupee Pakistan melemah hingga 15 persen dan inflasi naik sampai 10 persen hingga membuat perekonomian Pakistan terperosok dalam krisis.

Khan saat ini dihadapkan pada tantangan untuk menaikkan pendapatan negara dari pajak, namun telah menjadi norma dimana negara sangat menghindari kenaikan pajak.

3. Presiden Singapura, Halimah Yacob

Halimah mencetak sejarah di Singapura sebagai Presiden perempuan pertama di negara itu. Sebagai seorang pemimpin Halimah telah mempromosikan sejumlah inisiatif untuk mendukung masyarakat yang kohesif, memperkuat dialog lintas agama dan pengakuan pada seluruh sektor pekerjaan yang berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi Singapura.

Halimah memiliki profil internasional yang kuat dan rutin melakukan pertemuan dengan para pemimpin dunia.

4. Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad

Mahathir yang sekarang sudah memasuki usia 94 tahun, dinilai sebagai sosok figur dibalik transisi perekonomian Malaysia dari pertanian menjadi pasar ekonomi industri. Mahathir memberikan dukungan bagi nilai-nilai kebebasan muslim dan mendirikan sejumlah institusi Islam, diantaranya Universitas Internasional Islam Malaysia.

Mahathir mendirikan Komisi Kriminalitas Perang Kuala Lumpur yang fokus menolong korban penyiksaan di Irak, Lebanon dan wilayah Palestina. Pada Mei 2012, George W Bush, Dick Cheney, Donald Rumsfeld dan penasehat hukum mereka dinyatakan bersalah telah melakukan kejahatan perang. (TEMPO.CO/B-11)

Berita Terbaru