Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sumba Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Harapan Susi Pudjiastuti Soal Banding Kapal Asing Pencuri Ikan

  • Oleh Tempo.co
  • 07 Oktober 2019 - 16:00 WIB

TEMPO.CO, Pontianak - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti kembali memimpin penenggelaman 42 kapal asing kasus tindak pidana pencurian ikan di Indonesia. Penenggelaman kapal ini merupakan kegiatan terakhir di masa jabatannya. 

"Penenggelaman ini untuk kapal-kapal yang sudah inkracht. Masih ada yang banding, tapi kita harap agar bandingnya ditolak saja," kata Susi di Kalimantan Barat, Ahad, 6 Oktober 2019. 

Penenggelaman kapal terbukti ampuh memberikan efek jera bagi sindikat kapal pencuri ikan di wilayah perairan Indonesia. Sebanyak 42 kapal asing yang ditenggelamkan tersebut dilakukan di tempat yang berbeda-beda. 

Di Kalimantan Barat saja, terdapat dua lokasi. Satu lokasi di Kecamatan Pemangkat Kabupaten Sambas dihancurkan tiga unit kapal asing oleh Kejaksaan Negeri Pontianak selaku eksekutor dengan menggunakan alat berat. Sedangkan 18 kapal lainnya ditenggelamkan di perairan Tanjung Datok, Kabupaten Mempawah. 

Susi memimpin kegiatan penenggelaman kapal dengan menggunakan kapal patroli Kasturi milik Polisi Perairan Kepolisian Daerah Kalimantan Barat.

Teknik penenggelaman kali ini berbeda. Kapal-kapal asing itu tidak diledakkan. Penenggelaman dilakukan dengan melubangi bagian dasar kapal sehingga terisi air laut dan tenggelam. Kebanyakan kapal asing yang ditenggelamkan berbendera Vietnam. 

Selain di Kalimantan Barat, penenggelaman juga dilakukan di Belawan 6 unit, Batam 6 unit, Natuna 5 unit, Nunukan 1 unit, dan Merauke 3 unit. (TERAS.ID/B-11)

Berita Terbaru