Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Kotim Minta Masyarakat Waspadai Wabah Penyakit

  • Oleh Naco
  • 07 Oktober 2019 - 16:26 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur Rudianur meminta masyarakat mewaspadai wabah penyakit. Pasalnya, belakangan ini mulai menunjukan musim hujan. 

Menurut dia, peralihan musim rentan memunculkan wabah penyakit, seperti diare dan demam berdarah dengue (DBD). Apalagi tidak sedikit permukiman penduduk yang mulai terendam akibat hujan deras yang melanda Kota Sampit.

"Untuk DBD nanti mungkin akan kami sampaikan ke Dinas Kesehatan supaya mengaktifkan fogging di daerah permukiman padat penduduk," kata Rudianur, Senin, 7 Oktober 2019.

Ia juga meminta agar masyarakat aktif membersihkan selokan dan drainase di sekitar lingkungan mereka. Jangan sepenuhnya menyerahklan tanggung jawab kepada pemerintah.

"Paling tidak drainase dan selokan sekitar rumah dipastikan tidak tertutup sampah dan lain sebagainya," tegasnya.

Rudianur juga mengingatkan BPBD bahwa musim hujan rentan dengan bencana banjir. Untuk itu, BPBD Kotim harus waspada.

"Kasihan sebenarnya BPBD ini, mereka lagi yang akan jadi barisan terdepan mengurusnya," ujar dia.

Meski begitu, kata Rudianur, dirinya yakin pemerintah sudah menyiapkan langkah antisipasi banjir. Terutama di kawasan hulu yang selalu jadi langganan. 

BPBD juga sudah punya peta penanganan dan tidak mungkin mereka tak siap dengan kondisi hujan di daerah yang selalu menjadi langganan banjir.(NACO/B-3)

Berita Terbaru