Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Status Tanggap Darurat Karhutla di Kotawaringin Timur Diturunkan Menjadi Transisi Pemulihan Karhutla

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 07 Oktober 2019 - 17:56 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Status tanggap darurat kebakaran hutan dan lahan atau karhutla di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) diturunkan menjadi transisi pemulihan karhutla. Status tersebut disepakati karena dalam beberapa hari terakhir hujan sudah mengguyur Kotim. 

"Status tanggap darurat karhutla di Kotim resmi diturunkan menjadi transisi pemulihan karhutla," ujar Komandan Satgas Karhutla Kotim Letkol Czi Akhmad Safari, yang juga Dandim 1015/Sampit seusai rapat penurunan status darurat karhutla, Senin, 7 Oktober 2019. 

Kesepakatan tersebut diambil setelah melihat kondisi cuaca di Kotim sejak memasuki awal Oktober 2019. Kabut asap sudah tidak terlihat lagi dan kebakaran lahan terus berkurang bahkan hingga hari ini sudah tidak ada. Hal itu terjadi karena hujan deras sudah mengguyur daerah ini sejak beberapa hari lalu.

"Dari pantauan BMKG juga, saat ini sudah masuk masa transisi dari musim kemarau ke musim penghujan, sehingga status tersebut kami sepakati diturunkan," kata Safari. 

Selain itu, kondisi udara di Kotim juga sudah membaik. Bahkan normal kembali jika dibandingkan beberapa pekan lalu, yang terdampak kabut asap. Indikator tersebut merupakan salah satu langkah mereka untuk mengambil keputusan penurunan status. 

Meskipun status sudah diturunkan, namun posko masih berjalan. Dan tim Satgas Karhutla Kotim maish bekerja seperti biasa. Dengan memperbanyak patroli, melakukan antisipasi Karhutla, dan juga inventarisih lahan yang sudah terbakar. 

"Saya harap masyarakat juga tidak melakukan perbuatan yang rawan membuat terjadinya kebakaran lahan," terang Safari. (MUHAMMAD HAMIM/B-3)

Berita Terbaru