Jalan Trans Kalimantan Kasongan - Kereng Pangi Rawan Kecelakaan Lalu Lintas

  • Oleh Abdul Gofur
  • 07 Oktober 2019 - 22:08 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Jalan trans Kalimantan dari Kasongan ke Kereng Pangi, Kabupaten Katingan rawan kecelakaan lalu lintas.

Sebagai bukti, dalam kurun beberapa bulan terakhir, telah terjadi sejumlah kecelakaan lalu lintas di ruas tersebut. Baik itu kecelakaan tunggal maupun tabrakan. Selain menderita luka, ada pula pengendara yang meninggal dunia.

Panjang jalan dari Kasongan menuju Kereng Pangi sekitar15 kilometer. Di antara jalan itu ada poyek pelebaran jalan termasuk pemasangan bronjong di sisi kanan dan kiri jalan.

Sebagian badan jalan juga sempit dan banyak tikungan tajam. Selain itu, badan jalan banyak tambalan sehingga permukaan aspal menjadi tidak rata.

"Kita hampir tiap hari melintasi ruas jalan Kasongan - Kereng Pangi, dan sekarang memang  titik kerusakannya seperti lubang menganga di tengah badan jalan agak berkurang bila dibandingkan dengan sebelum-sebelumnya. Tapi kita tetap waspada karena kendaraan yang lewat umumnya berkecepatan tinggi," kata Doni, warga Kasongan.

Seharusnya, kata dia, jalan trans Kalimantan Kasongan - Kereng Pangi dan Kasongan - Pakangka Raya diperlebar. Sehingga angkutan umum bisa melintasi dengan tenang dan tidak waswas.

Ipan, warga Kasongan lainnya, mengatakan jalan Kasongan - Kereng Pangi selama ini memang dikenal rawan kecelakan lalu lintas. Salah satu faktor utamanya, lebar badan jalan belum standar alias sempit.

"Kalau naik mobil terus berpapasan dengan mobil lain atau truk kita harus waspasa. Sebab kalau tidak mobil bisa bersenggolan karena jalan sempit,"  katanya. (ABDUL GOFUR/B-3)

Berita Terbaru