Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat Diharapkan Berperan Maksimal

  • Oleh Muhammad Badarudin
  • 08 Oktober 2019 - 09:30 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat atau FKDM di Kabupaten Pulang Pisau diharapkan berperan maksimal dalam melaksanakan tugas. Khususnya dalam hal deteksi dini hal-hal yang dapat menimbulkan konflik di masyarakat. 

Kepala Badan Kesbangpol Pulang Pisau, Swady mengatakan, anggota FKDM ini menyebar kesemua wilayah. Yaitu satu desa satu anggota FKDM. 

"Mereka difasilitasi alat komunikasi berupa telpon untuk melaporkan hal-hal yang dianggap mencurigakan," kata Swady, Selasa 8 Oktober 2019.

Misalnya, lanjut Swady, ada pendatang baru disuatu daerah. Maka anggota FKDM yang berada di lokasi itu harus menanyakan identitas yang bersangkutan. 

"Hal itu untuk mengantisipasi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti dulunya sempat masuk gafatar," ujar dia. 

Swady mengungkapkan, deteksi dini dalam suatu daerah ini sangat penting dilakukan. Supaya ketika ada permasalahan di daerah itu jangan sampai menimbulkan konflik dan semakin membesar. 

"Karena itu sangat penting peran FKDM ini dalam membantu meredam permasalahan yang ada di desa supaya jangan sampai meluas dan menimbulkan konflik yang besar," ungkap Swady. (M.BADARUDIN/B-2)
 

Berita Terbaru