Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ketua Komisi II DPRD Kotim: Pembenahan Sektor Investasi Perlu Keberanian

  • Oleh Naco
  • 08 Oktober 2019 - 15:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ketua Komisi II DPRD Kotawaringin Timur, Hj Darmawati mengatakan, pembenahan di sektor investasi di daerah memang perlu keberanian dan kemauan bersama. 

Penataan investasi daerah menuju ke arah yang tertib dan taat aturan harus dilakukan. Supaya semuanya nyaman dan aman dalam mengembangkan usaha di Kotim.

"Tentunya itu semua harus dimulai dari pemerintah daerah. Salah satunya berkaitan dengan tingkat kepatuhan dan pelaksanaan kewajiban dari perusahaan perkebunan besar yang beroperasional selama ini," kata Darmawati, Selasa, 8 Oktober 2019.

Penataan investasi ini bisa dilakukan melalui program audit perizinan yang sudah dilakukan pemerintah sebelumnya. Sehingga tinggal melanjutkan sejauh mana, hingga nanti akan berakhir dengan tertib.

Jika ada investasi yang melebihi izin tinggal dibicarakan baik-baik. Dan ia sepakat jika itu jadikan areal plasma, apalagi itu bagian dari kewajiban perusahaan menyediakannya.

Dia menyebutkan juga jika investasi di daerah cenderung masih banyak yang nakal. Berbagai kewajiban yang mestinya dipatuhi justru diabaikan. 

Contohnya seperti pelaksanaan plasma, tanggungjawab sosial atau CSR dan program lainnya. Secara regulasi di atas kertas diakui memang sangat baik dan sudah bagus, tetapi di tahapan pelaksanaan di lapangan itu tidak sesuai dengan aturan.

Darmawati pun prihatin di tengah gempuran investasi di daerah yang bergitu keras justru masyarakat lokal kehidupannya semakin terabaikan. Bahkan tidak sedikit mereka yang hidup di sekitar investasi itu berada di bawah garis kemiskinan.

"Pola ini yang harus kita ubah. Berikan hak-hal masyarakat tersebut," tegas dia. (NACO/B-11)

Berita Terbaru