Warga Temukan Trenggiling di Kawasan Perumahan

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 08 Oktober 2019 - 15:22 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Seekor satwa dilindungi jenis trenggiling masuk ke permukiman warga, Perumahan Sawit Raya 1, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim). Warga sekitar pun langsung menangkapnya. 

"Trenggiling tersebut masuk ditemukan warga saat berada di permukiman. Kemudian diserahkan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotim," kata Komandan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pos Jaga Sampit, Muriansyah, Selasa, 8 Oktober 2019. 

BPBD Kotim kemudian menyerahkan trenggiling tersebut kepada BKSDA pada Minggu, 6 Oktober 2019. Trenggiling tersebut dalam keadaan sehat. Namun belum diketahui usia satwa dilindungi tersebut. 

"Trenggiling sudah dibawa ke kantor SKW II Pangkalan Bun. Dan rencananya dilepasliarkan di Suaka Margasatwa Lamandau," kata Muriansyah. 

Masuknya hewan dilindungi tersebut ke pemukiman warga diduga karena ingin mencari makan. Apalagi di lingkungan sekitar, banyak lahan yang terbakar.

"Diduga kuat masuk ke permukiman karena ingin mencari makan. Karena semak belukar sekitar perumahan bekas kebakaran," terang Muriansyah. (MUHAMMAD HAMIM/B-11) 

Berita Terbaru