Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pimpinan Bank Kalteng Sebut Gerakan Nasional Non Tunai Dimulai dari Pemerintah Daerah

  • Oleh Uriutu
  • 08 Oktober 2019 - 17:16 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Gerakan Nasional Non Tunai atau GNNT dimulai dari pemerintah daerah. Demikian disampaikan Pimpinan Bank Kalteng Cabang Buntok, Sriyanto kepada Borneonews seusai mengisi materi dalam sosialisasi elektronifikasi transaksi, di aula Setda Barito Selatan, Selasa, 8 Oktober 2019.

“Gerakan Nasional Non Tunai ini diminta pemda untuk memulainya. Karena transaksi pemerintah cukup besar dan bendahara maupun rekening instansi di Barsel ada di Bank Kalteng,” kata Sriyanto.

Untuk mendukung program GNNT ini, Bank Kalteng meningkatkan fasilitas atau fitur layanan. Sehingga penggunaan rekening ataupun transaksi bisa difasilitasi dengan teknologi aplikasi cash manajemen system atau CMS.

Intinya, aplikasi CMS ini membantu transaksi rekening instansi pemerintahan dengan didorong ke arah non tunai, agar tidak ada lagi transaksi tunai.

“Fitur ini bisa digunakan untuk transfer, melihat saldo rekening, dan cek rekening koran secara real time. Ini salah satu kemudahan dari fitur CMS ini,” tutur dia.

Artinya, lanjut Sriyanto, bendahara bisa memonitor rekeningnya dari rumah maupun kantor. Kalau dulu transaksinya harus ke bank, sekarang tidak lagi.

Hal ini salah satu dukungan untuk gerakan non tunai yang dikhususkan kepada rekening bendahara instansi pemerintahan di Barsel.

Hanya, lanjut dia, program ini belum diimplementasikan menyeluruh. Padahal kebijakan atau regulasi pemerintahan tersebut sudah dikeluarkan sejak 2017.

Ia pun berharap, jajaran Pemkab Barito Selatan menggunakan aplikasi CMS. Karena akan lebih mudah melakukan transaksi keuangan daerah  ke arah non tunai. Sehingga lebih transfaran, aman, dan akuntabel.

“Tujuannya untuk meperlancar, mendukung traksaksional pemerintah daerah khusunya Barito Selatan,” ucap dia. (URIUTU DJAPER/B-3)

Berita Terbaru