Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat Gandeng Barnaz Atasi Masalah Sosial di Masyarakat

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 08 Oktober 2019 - 17:26 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) akan menggandeng Badan Amil Zakat Nasional atau Barnaz untuk mengatasi masalah sosial di masyarakat.

Hal ini diungkapkan Wakil Bupati Kobar Ahmadi Riansyah saat menghadiri penyaluran dana zakat, infaq, dan sedekah (ZIS) kepada kaum dhuafa dan mustahiq di halaman Kantor Baznas Kobar, Jalan Pangeran Antasari, Pangkalan Bun, Selasa, 8 Oktober 2019.

"Saya berharap ke depan dapat bekerja sama dengan Baznas dalam mengatasi masalah sosial di Kobar," ujarnya.

Besar harapan pemerintah terhadap Baznas agar penyalurannya tepat sasaran. Kemudian kepada penerima bantuan sosial agar bisa menggunakannya secara produktif.

"Janga dibelikab ponsel atau kulkas. Bantuannya supaya dipakai untuk usaha," imbau Wakil Bupati.

Dalam kesempatan kali ini, dhuafa dan mustahiq yang medapat bantuan ialah petugas kebersihan dan pertamanan, biaya pendidikan, bantuan modal usaha mikro kecil (UMK), advokasi dakwah (sabilillah) dan mualaf.

"Jadi yang susah ialah mengubah pola pikir masyarakat. Karena sudah jadi kebiasaan ketika bersedakah itu langsung diberikan kepada penerima, tidak melalalui Baznas. Ini perlahan kita sosialisasikan," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Baznas Kobar Suhartono Basran mengaku sangat bersyukur lantaran Pemkab Kobar berencana mengeluarkan perda terkait zakat. Kemudian dari Gubernur Kalteng juga telah mengelurakan surat edaran.

"Saya berharap sebelum ada perdanya, Pemkab Kobar dapat menindaklanjuti edaran dari gubernur. Supaya para pegawai dapat membayar kewajibab zakat melalui Baznas," tuturnya. (DANANG/B-3)

Berita Terbaru