Baznas Kobar Salurkan Bantuan Kepada 120 Kaum Dhuafa dan Mustahiq

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 08 Oktober 2019 - 18:22 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Total bantuan yang diserahkan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) kepada dhuafa dan mustahiq berjumlah 120 orang, Selasa 8 Oktober 2019.

Bantuan ini diberikan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan umat muslim, khususnya para dhu'afa dan mustahiq.

"Terutama para janda yang memiliki tanggungan anak yatim dan orang tua kurang mampu," ujar Ketua Baznas Kobar, Suhartono Basran.

Para dhu'afa dah musthiq yang mendapat bantuan di antarannya petugas kebersihan dan pertamanan, biaya pendidikan, bantuan modal usaha mikro kecil (UMK), advokasi dakwah (sabilillah) dan mualaf.

Suhartono menambahkan bersamaan dengan HUT Kobar, MUI, Kemenag, dan Baznas telah membentuk keluarga mualaf Kobar.

"Para mualaf ini kami akan memperdulikan dan memperhatiakn dari segi pemberdayaan ekonomi, terutama yang tidak mampu, maka banyak kami bantu untuk bidang usaha yaitu peternak lele, ibu - ibunya membuat kue, ada juga ternak bebek dan entok," ungkapnya.

Kemudian bantuan biaya pendidikan dan memberikan bantuan kepada ustaz atau tenaga sabilillah dengan memberikan santunan.

"Jadi tenaga sabilillah ini per bulan mendapat santunan Rp 300 ribu, kita jadikan Rp 500 ribu," jelasnya.

Penyaluran dana zakat tidak selalu dilakukan giat seperti ini, tapi juga di hari biasa. Baznas juga menyalurkan dana ZIS saat ada bencana alam.

"Maka saya berharap masyarakat umum bisa menyalurkan zakat melalui Baznas, karena selain lembaga ini milik pemerintah, semua diatur oleh perundangan - undangn," tandasnya. (DANANG/B-6)

Berita Terbaru