Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Halmahera Barat Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Peralihan Cuaca Rentan Membuat Masyarakat Terserang Demam Berdarah Dengue dan Diare

  • Oleh Syahriansyah
  • 08 Oktober 2019 - 18:36 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Peralihan cuaca dari musim kemarau ke penghujan yang terjadi di Kabupaten Murung Raya (Mura) saat ini rentan membuat masyarakat terserang penyakit. Terutama demam berdarah dengue (DBD) dan diare.

Untuk itu, diperlukan keaktifan dari masyarakat dalam menjaga kesehatan lingkungan. Supaya tidak terjadi penumpukan sampah di sekitar tempat tinggal mereka. Masyarakat juga dianjutkan mengosumsi air bersih.

Pesan ini ini disampaikan Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan (Dinkes) Mura, Langkap, saat ditemui di tempat kerjanya, Selasa, 8 Oktober 2019.

"Kesehatan lingkungan harus diprioritaskan karena dalam beberapa hari terakhir hujan sering terjadi pascamusim kemarau yang cukup panjang," ujarnya.

Ia melanjutkan, rata-rata permukiman masyarakat di Kabupaten Mura, bahkan hampir 70 persen, berada di bantaran sungai. Untuk itu, masyarakat harus merebus air yang akan dikonsumsi demi mengantisipasi penyakit diare.

"Melihat keadaan cuaca kita saat ini yang tidak menentu maka setiap masyarakat yang berada di bantaran sungai harus lebih waspada akan adanya penyakit menular. Terutama yang disebabkan pencemaran sungai di sekitar lingkungan tempat tinggal," tuturnya. (RIANSYAH/B-3)

Berita Terbaru