Dinas Kesehatan Gunung Mas Gelar Pertemuan Penanggulangan Tuberkulosis

  • Oleh Magang 1
  • 08 Oktober 2019 - 20:40 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun – Dinas Kesehatan atau Dinkes Kabupaten Gunung Mas menggelar Pertemuan Penanggulangan Tuberkulosis bagi Pengelola Program dan Petugas Laboratorium Puskesmas dan Rumah Sakit, di Aula Hotel Lising, Kota Kuala Kurun, Selasa, 8 Oktober 2019.

Kepala Dinkes Kabupaten Gunung Mas Maria Efianti mengatakan, tuberkulosis atau TB adalah penyakit infeksi menular langsung yang disebabkan kuman mycobacterium tuberculosis.

Penanggulangan tuberkulosis merupakan bentuk kegiatan dalam pemberantasan tuberkulosis yang meliputi segala upaya kesehatan, yang mengutamakan aspek promotif dan preventif.

Tentunya itu dilakukan tanpa mengabaikan aspek kuratif dan rehabilitative, yang ditujukan untuk melindungi kesehatan masyarakat, menurunkan angka kesakitan, kecacatan atau kematian  dan memutuskan penularan.

Untuk itu, lanjutnya, melalui kegiatan ini diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan guna meningkatkan cakupan penemuan kasus baru TB.

“Melalui kegiatan ini diharapkan para petugas dapat meningkatkan pelayanan laboratorium yang bermutu sehingga mendukung Percepatan Eliminasi Tuberkulosis Kabupaten Gunung Mas tahun 2025,” ucapnya. (MAGANG 1/B-3)

Berita Terbaru