Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Solok Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Pulang Pisau Imbau Warga Manfaatkan Lahan Tidur untuk Tunjang Perekonomian Masyarakat

  • Oleh Muhammad Badarudin
  • 09 Oktober 2019 - 09:36 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Bupati Pulang Pisau H Edy Pratowo mengimbau masyarakat memanfaatkan lahan tidur untuk menunjang perekonomian masyarakat. Minimal, lahan yang dimiliki masyarakat jangan dibiarkan ditumbuhi tanaman-tanaman yang tak bernilai ekonomi. 

Edy mengatakan, lahan kosong yang tidak ditanami tanaman yang bernilai ekonomi itu sangat sayang. Harusnya, lahan tidur itu dikelola. 

"Kalau dibiarkan tanpa dikelola lahan itu rawan terbakar," kata Edy, Rabu 9 Oktober 2019. 

Bupati mengungkapkan, masyarakat bisa mengajukan bantuan bibit tanaman ke Dinas Pertanian. Jika memang pemilik lahan tak ada waktu untuk mengelola lahan itu, maka bisa dikerjasamakan. 

"Misalnya meminta orang lain merawat lahan itu. Ditanami tanaman buah, sayur atau apapun yang bisa dijual. Hasilnya bisa berbagi. Jadi sama-sama untung," ungkap bupati. 

Edy meyakini banyak lahan milik masyarakat yang nganggur tanpa menghasilkan apapun yang bisa dijual. Karena itu masyarakat harus mengubah pola pikir agar jangan sampai lahan itu terbengkalai sia-sia. 

"Pembukaan lahan itu memang agak berat. Tetapi jika dilakukan secara bertahap saya yakin bisa saja. Asalkan jangan dibiarkan kalau punya lahan," tegas bupati. (M.BADARUDIN/B-2) 

Berita Terbaru