Peningkatan SDM Masyarakat Desa Mampu Membuka Peluang Kerja

  • Oleh Syahriansyah
  • 09 Oktober 2019 - 10:26 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di kalangan masyarakat Desa mampu membuka peluang kerja bahkan peluang usaha di perdesaan.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Murung Raya, Syahrial Pasaribu mengatakan, pada 2020 Disnakertrans Murung Raya akan perbanyak kerjasama dengan beberapa desa untuk melaksanakan beberapa program pengembangan SDM melalui pelatihan seperti alat berat, menjahit, otomotif dan beberapa pelatihan lainnya.

"Sejauh ini saja sudah ada beberapa desa yang mengusulkan beberapa pelatihan yang bekerjasama dengan kami Disnakertrans untuk menjembatani peluang kerja bagi masyarakat desa yang telah mengikuti setiap adanya pelatihan," ujarnya, Rabu, 9 Oktober 2019.

Syahrial Pasaribu juga menjelaskan, pemanfaatan Dana Desa (DD) ini dengan melakukan berbagai macam pelatihan untuk pengembangan SDM merupakan suatu upaya untuk menurunkan angka pengangguran terutama di tingkat desa. 

Ia menambahkan, saat ini beberapa sektor di bidang perusahaan baik itu batu bara, emas dan kayu dapat menjadi peluang kerja yang baik bagi setiap desa. 

"Setiap perusahaan juga telah bekerjasama dengan kami sehingga setiap warga Desa yang ikut dalam pelatihan kami arahkan terlebih dahulu untuk magang selama 3 bulan di perusahaan yang beroperasi di wilayah desa yang terlibat," tambahnya. (RIANSYAH/B-2)

Berita Terbaru