Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pemalang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Mantan Anggota DPRD Kalteng Ini Sampaikan 3 Rekomendasi Pascabencana Karhutla

  • Oleh Budi Yulianto
  • 09 Oktober 2019 - 11:06 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Mantan anggota DPRD Kalteng Heru Hidayat menyampaikan 3 rekomendasi pascabencana kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla.

Menurutnya, tiga rekomendasi itu sebagai upaya nyata untuk membantu masyarakat pascabencana tersebut melanda di Kalimantan Tengah.

"Pertama upaya melakukan pemulihan (recovery) kondisi warga yang terdampak asap karlahut dengan layanan kesehatan, pembagian makanan, minuman sehat, serta memberi vitamin bagi anak-anak," kata Heru kepada borneonews.co.id, Rabu, 9 Oktober 2019.

Kedua, lanjut dia, memberikan edukasi kepada masyarakat tentang bahaya karlahut yang tidak terkendali dan dampaknya di semua sektor kehidupan bagi masyarakat.

Menurut aktivis relawan sosial ini, kesadaran dan pengawasan dari masyarakat sangat penting supaya kedepan tidak ada karlahut lagi.

"Oleh karena itu, momentum untuk terus memberikan edukasi sejak dini kepada masyarakat adalah bagian dari upaya bersama menjaga lingkungan yang aman dari karlahut dan tidak terulang kembali di tahun yang akan datang," ungkap mantan aktivis mahasiswa UPR tersebut.

Ketiga, lanjut dia, dengan melakukan penanaman pohon secara masif di masyarakat. "Mengapa harus menanam pohon Karena penanaman pohon menjadi bagian dari solusi jangka panjang untuk menghasilkan kelestarian alam dan lingkungan yang asri," imbuhnya.

Heru juga menyampaikan patut bersyukur dengan intensitas hujan yang saat ini mampu mengurangi kebakaran dan lahan di Kalteng. Ia mengajak untuk bersama-sama menjaga dan memberikan edukasi pencegahan agar bencana itu tidak terulang kembali. (BUDI YULIANTO/B-2)
 

Berita Terbaru