Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penanaman Pohon Secara Masif Pascabencana Karhutla Perlu Dilakukan

  • Oleh Budi Yulianto
  • 09 Oktober 2019 - 11:16 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Penanaman pohon secara masif pascabencana kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla di Kalimantan Tengah dinilai perlu dilakukan.

Ini disampaikan mantan anggota DPRD Kalteng Heru Hidayat kepada borneonews.co.id, Rabu, 9 Oktober 2019. Sebab, kata dia, penanaman pohon menjadi bagian dari solusi jangka panjang untuk menghasilkan kelestarian alam dan lingkungan yang asri.

"Selain itu, dengan penanaman pohon akan menambah sumber oksigen, menjadi penyejuk di saat matahari bersinar dengan teriknya. Kemudian, mampu mengurangi dampak pemanasan global," ujarnya.

Ia melanjutkan, pohon memiliki kemampuan menyerap emisi karbon yang merupakan penyebab pemanasan global. Menanam pohon juga mampu menyimpan air dalam tanah.

"Air yang disimpan ini digunakan untuk memenuhi kebutuhan makhluk hidup lainnya. Bahkan pohon mampu membantu mengurangi polusi udara dan memperindah lingkungan sekitar," ungkapnya.

"Oleh karena itu, dengan adanya rekomendasi penanaman pohon ini kita bisa mewujudkan Kalimantan Tengah yang hijau dan lestari secara berkelanjutan sehingga kelak 10 tahun yang akan datang akan mampu memberi manfaat bagi warga dunia," tuntasnya.

Ungkapan untuk menanam pohon pascabencana Karhutla itu bagian dari 3 rekomendasi yang disampaikan oleh Heru.

Untuk yang pertama adalah upaya melakukan pemulihan (recovery) kondisi warga yang terdampak asap karlahut dengan layanan kesehatan, pembagian makanan, minuman sehat, serta memberi vitamin bagi anak-anak.

Kedua, memberikan edukasi kepada masyarakat tentang bahaya karlahut yang tidak terkendali dan dampaknya di semua sektor kehidupan bagi masyarakat. (BUDI YULIANTO)

Berita Terbaru