Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Fakfak Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pulang Pisau Berupaya Penuhi Fasilitas Layak Anak

  • Oleh James Donny
  • 09 Oktober 2019 - 12:56 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau terus berupaya memenuhi fasilitas layak anak.

Untuk memenuhi hak anak menurut Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Pulang Pisau, Eknamensi Tawun harus dipenuhi indikator yang didasarkan pada substansi hak anak yang dikelompokkan ke dalam 5 klaster.

"Ada 24 indikator yang harus dipenuhi dan Pulang Pisau sudah memenuhi sejumlah indikator, sedangkan yang lain dalam proses fasilitasi," terangnya.

Lima klaster tersebut adalah hak sipil dan kebebasan, lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif, kesehatan dasar, dan kesejahteraan, pendidikan, pemanfaatan waktu luang dan kegiatan seni budaya dan perlindungan khusus.

Dari lima klaster ini Kabupaten Pulang Pisau telah melakukan pemenuhan sejumlah indikator dan di antaranya terkait kelembagaan.

"Untuk klaster ini kita telah membentuk gugus tugas KLA, Forum Anak Daerah di kabupaten dan kecamatan, Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perjuangan dan Anak, kemudian pembentukan Forum Koordinasi Penanganan Korban Kekerasan terhadap Ibu dan Anak, dan sejumlah indikator lainnya," katanya.

Demikian juga 4 klaster lainnya telah ada pemenuhan yang dilakukan seperti fasilitas taman bermain, rumah pintar dan sejumlah fasilitas lainnya yang ramah anak.

Meski belum memenuhi 24 indikator KLA atau kota layak anak, namun sejumlah indikator yang dipenuhi sudah bisa menjadi acuan bagi Pulang Pisau dalam pemenuhan hak anak melalui pengembangan KLA yang terintegrasi dan berkelanjutan. (JAMES DONNY/B-6)

Berita Terbaru