Dewan Riset Daerah Sukamara Tentukan Sektor Strategis Dalam Pembangunan

  • Oleh Norhasanah
  • 09 Oktober 2019 - 13:42 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Sektor strategis Kabupaten Sukamara yang akan lebih didulukan dalam pembangunan nantinya akan ditentukan oleh Dewan Riset Daerah (DRD) setelah dibentuk.

"Nantinya DRD akan memilih sektor strategis yang perlu didulukan sesuai visi visi pembangunan yang ingin dicapai kepala daerah," ucap Bupati Sukamara, Windu Subagio, Rabu 9 Oktober 2019.

Menurutnya DRD memiliki manfaat besar dalam menentukan arah pembangunan suatu daerah.

Salah satunya sinergi antara birokrasi dan akademis serta masyarakat dalam menentukan arah pembangunan melalui hasil kajian bersama.

"Juga sebagai media transfer pengetahuan dan kolaborasi kemampuan dari latar belakang keilmuan dan pengetahuan yang berbeda," ujarnya.

Windu menambahkan sektor strategis Kabupaten Sukamara adalah sektor ekonomi dan keuangan, sektor lingkungan hidup, sektor tata ruang dan motivasi penanggulangan bencana daerah, sektor energi dan sumber daya mineral.

Kemudian sektor budaya dan kesatuan bangsa, sektor hukum politik dan pemerintah, sektor pendidikan kesebatan dan kependudukan, sektor pertabian perikanan dan kehutanan, sektor transportasi dan infrakstuktur, serta sektir industri dan perdagangan. (NORHASANAH/B-6)

Berita Terbaru