Teras Narang Dipercaya Jadi Ketua Komite I DPD RI

  • Oleh Budi Yulianto
  • 09 Oktober 2019 - 15:02 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPD RI dari Kalteng, Agustin Teras Narang dipercaya menjadi Ketua Komite I melalui musyawarah dan mufakat di Jakarta, Selasa 8 Oktober 2019.

Mendampingi mantan Gubernur Kalteng dalam kepemimpinan komite I itu adalah Fachrul Razi sebagai Wakil Ketua I, Djafar Alkatiri Wakil Ketua II dan Abdul Kholik Wakil Ketua III.

Lingkup tugasnya yakni dalam otonomi daerah, hubungan pusat dan daerah, pembentukan, pemekaran, dan penggabungan daerah.

"Sebagai pimpinan dalam komite ini, saya berterimakasih atas mandat yang diberikan. Sekaligus mengajak semua pihak untuk bersama menjalankan mandat utamanya, membawa perubahan yang baik dan berkelanjutan bagi daerah," kata Teras dalam siaran persnya, Rabu 9 Oktober 2019.

Dia menuturkan komite I akan melihat bagaimana daerah otonomi yang telah terbentuk bisa mewujudkan harapan rakyat, sehingga bisa dipikirkan usulan kebijakan baru untuk mendukung akselerasi pembangunan daerah.

Sedangkan usulan daerah otonomi baru atau DOB pihaknya akan melakukan pemetaan dan menindaklanjuti dengan kajian yang melibatkan pihak independen maupun elemen daerah.

"Ini agar usulan DOB benar-benar menghasilkan daerah yang bisa mandiri, sehingga bermanfaat bagi rakyat di wilayahnya," ungkapnya.

Menurutnya setiap usulan akan dilihat dan diperjuangkan sesuai dengan urgensinya, terlebih untuk usulan DOB di Kalimantan Tengah.

"Mesti disikapi dengan arif dan cermat agar kehadiran DOB bisa mendukung semangat di Kalteng," imbuhnya.

Teras berharap semua pihak untuk terlibat mengawal dan memberikan masukan dalam upaya peningkatan kualitas otonomi daerah.

Berita Terbaru