Kawasan Kumuh di Kotim masih Tersisa 2,67 Hektare

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 09 Oktober 2019 - 20:50 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Hingga saat ini kawasan kumuh di Kabupaten Kotawaringin Timur atau Kotim masih tersisa 2,67 hektare. Ini meliputi di Kecamatan Baamang dan Mentawa Baru Ketapang. 

"Masih ada 2,67 hektare kawasan kumuh di dua kecamatan yakni Mentawa Baru Ketapang dan Baamang," ujar Staf Ahli Bupati Kotim Sutaman, Rabu, 9 Oktober 2019. 

Saat ini program pengentasan kawasan kumuh di Kotim sudah mencapai 92,19%. Sehingga masih ada 8,81%. Penyelesaiannya dilakukan terus menerus, bahkan ditargetkan pada 2019 akhir sudah mencapai 0%. 

"Kalaupun tidak bisa, maka selambat-lambatnya pada 2020 kawasan kumuh di Kotim sudah 0%," kata Sutaman. 

Apa yang sudah dilakukan oleh pihak perogram kota tanpa kumuh (kotaku), sudah masuk dalam capaian yang bagus. Namun secara visualisasi masih belum mampu merubah wajah permukiman kumuh di Kotim ini. 

Sehingga permasalahan kawasan kumuh ini tidak hanya ditangani melalui program kotaku saja. Namun harus melibatkan banyak pihak. Sehingga terwujudnya kolaborasi yang baik untuk mengatasi kawasan kumuh secara tuntas di Kotim ini. 

"Mudah-mudahan kawasan kumuh di Kotim benar-benar 0%, dan benar-benar tertangani secara berkelanjutan nantinya," harap Sutaman. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru