Warga Serahkan Seekor Beruang Madu ke BKSDA Sampit

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 10 Oktober 2019 - 06:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Seekor beruang madu diserahkan kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam atau BKSDA Sampit, setelah sempat dirawat selama 4 bulan oleh pasangan suami istri yang bermukim di Kecamatan Bukit Santuai, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim). 

"Seekor beruang madu kami terima dari warga, yang sempat dirawat mereka selama 4 bulan," ujar Komandan BKSDA Pos Jaga Sampit Muriansyah, Kamis, 10 Oktober 2019. 

Beruang madu berjenis kelamin jantan tersebut baru berumur 8 bulan. Hewan tersebut diserahkan oleh Atek, pada Rabu, 9 Oktober 2019 sore setelah dirinya mengetahui bahwa satwa liar tersebut merupakan hewan dilindungi. Sehingga langsung berinisiatip untuk menyerahkan ke BKSDA Pos Jaga Sampit.
 
"Alhamdulillah dengan kesadaran, Pak Atek berinisiatif menyerahkan beruang madu tersebut kepada kami," kata Muriansyah. 

Kondisi beruang tersebut saat diserahkan dalam keadaan sehat. Sedangkan warga tersebut menemukan hewan dilindungi itu di tepi Jalan Sarpatim, Kecamatan Bukit Santuai. Dalam kondisi masih kecil tanpa ditemani induknya. 

Melihat hal itu, beruang tersebut langsung dibawa ke rumah dan dipelihara selama 4 bulan. Dengan makanan berupa buah-buahan dan juga lauk serta nasi. Hingga akhirnya diserahkan kepada BKSDA Pos Jaga Sampit kemarin. (MUHAMMAD HAMIM/B-2) 

Berita Terbaru