Diskan Sukamara Harus Kembangkan Budidaya Udang Vaname

  • Oleh Norhasanah
  • 10 Oktober 2019 - 08:50 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Dinas Perikanan atau Diskan Sukamara mendapat tugas untuk mengembangkan budidaya udang vaname di Kecamatan Pantai Lunci, Kabupaten Sukamara.

Bupati Sukamara Windu Subagio mengatakan, udang vaname adalah jenis udang yaang kuat sehingga proses pembudidayaan yang nantinya dilakukan masyarakat bisa berhasil.

"Udang vaname ini jenis yang kuat," ucap Windu Subagio Kamis, 10 Oktober 2019.

Menurut Windu, keberhasilan tersebut juga harus didukung dengan sistem tambak yang baik agar prosesnya pembudidayaan yang dilakukan masyarakat semakin efektif, maka ada beberapa hal yang harus dipikirkan dan dirubah.

"Bagaimana sistem pengairan tambaknya, pembuangan limbahnya dan dimana air masuknya, semuanya harus beda, kalau sekarang ini campur aduk saja, cara tradisional," ujar Windu.

Menurut Windu, agar hasil pembudidayaan udang vaname bisa berjalan sesuai harapan, maka sistem yang dilakukan oleh masyarakat saat ini harus mulai dirumah dengan cara yang lebih modern.

"Kemudian bagaimana tanaman mangrove nya yang harus dipertahankan, supaya berkelanjutan. Ini siap yang memikirkan masalah ini, Dinas Perikanan yang harus mencari caranya," tukas Windu Subagio. (NORHASANAH/B-2)

Berita Terbaru