Bupati Pulang Pisau Harapkan Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Diperkuat

  • Oleh Muhammad Badarudin
  • 10 Oktober 2019 - 09:20 WIB

BORNOENEWS, Pulang Pisau - Bupati Pulang Pisau H Edy Pratowo mengharapkan pendidikan karakter terhadap anak usia dini diperkuat. 

Pendidikan karakter dinilai sangat penting sebagai pondasi agar generasi penerus pembangunan tidak mudah terpengaruh kepada perilaku yang menyimpang. 

Edy menilai, masalah perilaku ini seakan menjadi hal yang serius dan harus diambil langkah-langkah penanganan. Misal dari sekolah SD hingga SMA.

"Pendidikan karakter ini harus diperkuat agar generasi penerus mampu menjadi sosok yang kita harapkan di masa yang akan datang," kata Edy, Kamis 10 Oktober 2019. 

Bupati menyebutkan, pendidikan karakter ini bisa dilakukan melalui pendekatan dari hati ke hati. Salah satu ujung tombak dalam memberikan pendidikan karakter ini adalah para guru.

"Guru dalam mengajar di sekolah diharapkan bisa memberikan pendidikan karakter bagi peserta didik. Karena menanamkan nilai-nilai kebaikan sejak anak kecil akan sangat penting," ujar dia.

Edy mengungkapkan, tentunya dalam memberikan pendidikan karakter ini pihak yang bersangkutan harus memahami apa itu pendidikan karakter, nilai-nilai pendidikan karakter dan cara memberikan pendidikan karakter. Sebab, diera modern seperti sekarang ini siswa sangat mudah mendapatkan informasi tanpa melalui penyaringan.

"Harapan saya melalui pendidikan karakter itu siswa bisa bertindak sesuai dengan aturan. Memiliki jiwa yang suka menolong, gotong royong, menghargai sesama, sopan santun, mencintai negara dan sikap positif dan terpuji lainnya," tandasnya. (M.BADARUDIN/B-2)

Berita Terbaru