Pulang Pisau Raih Predikat Madya Kabupaten Layak Anak

  • Oleh James Donny
  • 10 Oktober 2019 - 14:36 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Kabupaten Pulang Pisau meraih predikat madya dalam penilaian Kabupaten Layak Anak (KLA) seluruh Provinsi Kalimantan Tengah 2019.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana atau DP3AP2KB Kabupaten Pulang Pisau, Eknamensi Tawun mengatakan dari hasil penilaian KLA ini posisi Pulang Pisau memperoleh level madya pada peringkat 3.

"Kita berada di posisi 3 dengan skor 583.17 dengan status level madya, sementara pada posisi pertama Katingan dengan skor 659.80 status level Madya, dan posisi 2 Kabupaten Lamandau dengan skor 641.55 status level Madya," terangnya, Kamis 10 Oktober 2019.

Dia mengatakan Pulang Pisau dapat memenuhi 5 indikator KLA, yakni hak sipil dan kelembagaan, hak lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif, hak kesehatan dasar dan kesejahteraan, hak pendidikan dan pemanfaatan waktu luang dan budaya, serta perlindungan khusus.

Menurutnya ada 24 indikator yang harus dipebuhi. "Jika dapat memenuhi semuanya maka skor yang bisa dicapai 1.000," terangnya.

Indikator yang belum di penuhi kata Tawun masih dalam proses fasilitasi. "Indikator yang belum terpenuhi di Kabupaten Pulang Pisau diantaranya karena belum adanya klarifikasi kasus anak berhadapan dengan hukum dan mekanisme mengenai restorative justicenya (keadilan untuk semua), juga karena belum memiliki SDM yang terlatih mengenai konveksi hak anak, dan belum adanya perlindungan anak terpadu berbasis masyarakat atau PATBM. Beberapa indikator yang belum terpenuhi lainnya juga diharapkan Tawun dapat diupayakan pada tahun 2020 melalui program-program pendukung, sehingga capaian KLA akan terus meningkat, "Kedepan akan terus kita tingkatkan," pungkasnya. (JAMES DONNY/B-6)

Berita Terbaru