Pemkab Gunung Mas Terima Kunjungan Pemkab Katingan Untuk Kaji Banding Tahura Lapak Jaru

  • Oleh Magang 1
  • 10 Oktober 2019 - 14:06 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunung Mas menerima kunjungan Pemkab Katingan yang ingin melakukan kaji banding pengelolaan taman hutan raya (Tahura) Lapak Jaru Kuala Kurun, Kamis 10 Oktober 2019.

Rombongan dipimpin Wakil Bupati Katingan Sunardi. Kedatangan mereka diterima Asisten I Setda Gunung Mas Ambo Jabar.

“Untuk menjaga dan melestarikan kawasan konservasi Tahura Lapak Jaru, pemkab bersama Dinas Kehutanan dan Pertanahan Kabupaten Gunung Mas berusaha melakukan pengelolaan tahura yang efektif, efisien dan sesuai dengan mandat pengelolaan yang diberikan,” ujar Ambo.

Dia mengatakan keberadaan kawasan Tahura Lapak Jaru bertujuan untuk melindungi keanekaragaman hayati, flora dan fauna, serta ekosistem yang merupakan kekayaan alam, sehingga dapat dinikmati oleh generasi yang akan datang.

Tahura Lapak Jaru akan dapat mendukung dan sesuai visi misi Kabupaten Gumas, sehingga ke depan dapat menjadi salah satu penyumbang pendapatan asli daerah (PAD), bersinergi dengan pembangunan daerah dan memberikan dampak yang menguntungkan bagi seluruh masyarakat.

Sementara itu Sunardi mengatakan studi banding ini akan menjadi referensi dalam proses pengajuan pembangunan dan pengelolaan tahura di Katingan.

”Dalam studi banding ini, kami ingin mengetahui hal-hal terkait tahura, seperti mempersiapkan proses pengajuan usulan lokasi tahura, baik informasi terhadap dokumen yang wajib dipersiapkan, sumber pembiayaan dalam pengurusan, hingga penetapan sebagai lokasi pengelolaan tahura, dan lainnya,” jelasnya. (MAGANG 1/B-6)

Berita Terbaru