Pilkada Kotim Panggung Bagi Calon Punya Segudang Pengalaman

  • Oleh Naco
  • 10 Oktober 2019 - 14:22 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kontestasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Kabupaten Kotawaringin Timur 2020 nampaknya akan jadi panggung bagi bakal calon yang punya basic pengalaman lebih.

Pasalnya jika pilkada diserentakkan pada 2024 artinya jabatan kepala daerah di Kotim hanya 3,5 tahun saja.

Pengamat hukum dan politik di Kotim, Bambang Nugroho menilai masyarakat dalam menjatuhkan pilihan tentu harus melihat dari sisi pengalaman bakal calon yang paham dengan kondisi daerah, karena dengan masa jabatan yang ada jika salah pilih taruhannya Kotim bisa justru lebih mundur dari saat ini.

Jika mengacu dengan itu, maka dari sekian banyak bakal calon yang muncul diprediksi hanya beberapa saja yang tentunya layak dan ia yakin itu akan jadi pertimbangan partai politik untuk mengusungnya.

"Dari masa 3,5 tahun itu juga, efektifnya cuma 2,5 tahun saja," ucap Bambang, Kamis 10 Oktober 2019.

Karena tentunya pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih itu pada 2021, sehingg pada 2022 itu, bupati baru masih melaksanakan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) bupati lama.

"Nah pada tahun berikutnya baru RPJMD bupati baru. Kalau kita hitung-hitung jika pilkada diserentakkan 2024 artinya efektif jabatan bupati baru itu 2,5 tahun saja. Itu saya anggap harus dipilih orang yang paham dan punya pengalaman di pemerintahan," tegasnya.

Jika melihat bakal calon yang ada, maka Bambang melihat itu lebih kepada kalangan pejabat yang pernah duduk di DPRD hingga kalangan birokrat.

Seperti Wakil Bupati Kotim 2 periode, Taufiq Mukri, mantan Ketua DPRD Kotim 3 periode Jhon Krisli, Wakil Ketua DPRD Kotim M Rudini Darwan Ali, mantan Wakil Ketua DPRD Kotim atau anggota DPRD Kotim saat ini Parimus, mantan Wakil Ketua DPRD Kotim 2 periode Supriadi.

Sekda Kotim, Halikinnor, hingga nama Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Rakyat Ahmad Sarwo Oboy, Kepala Dinas Perdagangan dan Industri Redy Setiawan, Kepala DLH Sanggul L Gaol hingga Camat Parenggean Siyoni yang juga turut diperhitungkan. Hingga pengusaha sukses Suprianti Rambat dan Yoyo Sugeng Triyogo.

Berita Terbaru