Pemkab Kotim Diminta Perhatikan Petani dan Nelayan

  • Oleh Naco
  • 10 Oktober 2019 - 14:52 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Wakil Ketua DPRD Kotawaringin Timur (Kotim), Muhammad Rudini Darwan Ali mendukung pemerintah kabupaten selalu memperhatikan petani dan nelayan. 

Sebab 2 golongan masyarakat ini memang wajib menjadi objek dari program pemerintah.

Nelayan dan petani harus dibantu terus dan mereka perlu diberdayakan hingga disokong setiap tahun anggaran agar terus bertahan ditengah kondisi ekonomi seperti ini.

Menurutnya, pemerintah harus  berjuang meningkatkan kesejahteraan nelayan dan petani, melalui kebijakan yang tepat sasaran.

Penghasilan mereka harus terus naik, tidak boleh turun, pasalnya biaya hidup makin naik.

“Biaya hidupkan terus naik, harus dimbangi dengan penghasilan mereka supaya mereka bisa sejahtera, itu yang kami inginkan," katanya, Kamis 10 Oktober 2019.

Menurutnya, dibutuhkan kebijakan dengan perlakuan khusus, sehingga mereka punya kesempatan untuk maju, antara lain kemudahan akses dana murah, dan pelatihan.

Khusus untuk petani, kata Rudini pembangunan lain yang sangat perlu seperti embung dan jaringan irigasi agar para petani mudah menghasilkan panen yang baik. 

Dengan begitu, hasil panen bisa dirasakan langsung manfaatnya oleh para petani. Petani tidak perlu akan kekurangan air dimasa pancekelik. 

Mengingat ketersediaan air terus ada hingga musim panen tiba. Dengan begitu daya saing pasar menjadi lebih baik, sehingga pemerintah tidak perlu  mendatangkan kebutuhan pokok ini dari luar daerah. (NACO/B-6)

Berita Terbaru