Kemenag Kapuas Dukung Pengembangan Seni Budaya Islam Lewat Festival Maulid Habsyi

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 10 Oktober 2019 - 15:42 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kapuas, Ahmad Bahruni mendukung pengembangan seni budaya Islam lewat festival maulid habsyi seperti yang diselenggarakan MAN Kapuas.

Bahruni mengatakan dengan adanya kegiatan ini perlu menyadari bahwa seni budaya Islam memiliki arti strategis sebagai bagian dari pembinaan umat Islam, oleh karenanya harus terus dikembangkan.

"Untuk itu kami mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan MAN Kapuas ini, sehingga bisa melestarikan dan mengembangkan kebudayaan melibatkan generasi muda," ucapnya.

Menurutnya seniman muslim perlu lebih banyak berdialog, bertukar kreativitas untuk terus mengembangkan berbagai jenis seni budaya yang bernafaskan Islam, yang sesuai dengan perkembangan jaman.

"Namun seni budaya tetap berpegang pada nilai-nilai ajaran Islam. Berpijak dari kenyataan ini, maka seni budaya yang bernafaskan Islam dipandang tepat," tuturnya

"Sebagai sarana untuk membendung kemerosotan akhlak umat, dengan menggelarkan contoh-contoh nyata keteladanan Islam," lanjutnya.

Pun demikian sebagai salah satu kekayaan dan khazanah budaya bangsa, seni budaya keislaman ini sudah sepantasnya mendapat perhatian dari pemerintah dan pemikiran dari semua pihak terkait.

"Karena ini sebagai sebuah langkah dalam memajukan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia," tuturnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-6)

Berita Terbaru