Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Indragiri Hulu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kotim Harus Ubah Pola Pembangunan dan Mengarah ke Pelosok

  • Oleh Naco
  • 10 Oktober 2019 - 18:32 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Wakil Ketua DPRD Kotawaringin Timur (Kotim), Rudianur menyebutkan pola pembangunan yang diterapkan pemerintah saat ini harus diubah. 

Menurutnya saat ini pembangunan masih berbasis penataan perkotaan. Pemerintah selanjutnya mesti berbasis ke sektor pelosok.

Artinya pemerintah fokus kepada pembukan akses jalan, pendidikan, kesehatan, kesejahteraan rakyat yang ada di pedesaan 

"Minta kepada pemerintah, berikutnya pembangunan mesti berbasis pelosok," kata Rudianur, Kamis 10 Oktober 2019.

Rudianur mengakui aspirasi untuk pembangunan pelosok semakin keras disuarakan dari masyarakat. Selama ini masyarakat merasa dianaktirikan dari pembangunan daerah. 

Pembangunan Kotim dianggap sentralistik di daerah perkotaan. Kecemburuan masyarakat pinggira sudah kerap disampaikan.

Mereka mengeluh hanya kota saja yang jadi fokus pembangunan sementara mereka yang jauh berada di pedalaman baik utara dan selatan  merasa diabaikan aspirasinya.

Rudianur meminta agar jajaran eksekutif memahami kondisi tersebut, pembangunan di dalam kota dengan menyedot dana ratusan miliar setiap tahunnya ini sudah cukup dan selanjutnya mesti diarahkan anggaran itu ke kesektor lainnya di daerah yang masih tertinggal.

“Seperti jalan di pedalaman, sekolah dan ketersediaan tenaga medis dan guru ini yang harus kita fokuskan selanjutnya, jika tidak do sana akan terus tertinggal," tandasnya. (NACO/B-6)

Berita Terbaru