Kemenag Kapuas Berharap Festival Habsyi MAN Bersholawat Rutin Digelar Tiap Tahun

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 10 Oktober 2019 - 18:06 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Kapuas Ahmad Bahruni berharap Festival Habsyi MAN Kapuas Bersholawat rutin digelar setiap tahun. Sehingga bisa melestarikan dan menggali potensi seni budaya Islam.

"Kami sambut baik kegiatan yang dilaksanakan oleh MAN Kapuas ini. Karena partisipasi banyak dari peserta didik. Berharap ini rutin diselenggarakan," ucap Bahruni, Kamis, 10 Oktober 2019.

"Semoga seni kebudayaan daerah kita ini, mampu bersaing dengan kesenian modern lainnya, dan tetap selalu mendapat tempat di hati penggemarnya."

Kebudayaan daerah bernuansa religius harus terus dikembangkan, dipacu, dan ditingkatkan kualitasnya. Karena memiliki misi yang cukup jelas, yaitu seni sebagai media dakwah.

Lebih lanjut, Bahruni berharap peran aktif dari pihak terkait lainnya dalam mendukung kegiatan ini. Sehingga semakin meningkatkan kemampuan dan kebersamaan. Kkarena merupakan salah satu cara dalam mengembangkan kesenian dan budaya daerah keislaman.

"Karena itu, kami sangat mendukung kegiatan yang dilaksanakan ini. Demi melaksanakan amanah Rasulullah untuk terus mensyiarkan Islam melalui karya seni budaya, dalam membangun etika dan moral bangsa, membangun umat melalui nilai-nilai seni budaya Islam," tuturnya.

Selain itu, ia menyambut baik dan menghargai semangat untuk terus mencari dan mengembangkan strategi dakwah yang tepat, yang sesuai dengan situasi, kondisi, dan tuntutan masyarakat. Mengingat zaman terus maju dan berkembang.

"Metode dakwah tentu juga harus terus dikembangkan agar tidak membosankan. Pesan-pesan keagamaan harus bisa kita sampaikan secara efektif, persuasif, dan memenuhi kebutuhan masyarakat."

Sehingga kegiatan dakwah mampu memberikan solusi bagi persoalan kehidupan yang dihadapi oleh masyarakat. (DODI RIZKIANSYAH/B-3)

Berita Terbaru