Deputi Kepala Perwakilan KPWBI Sampaikan 3 Alternatif Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi di Kalteng

  • Oleh Budi Yulianto
  • 10 Oktober 2019 - 23:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Deputi Kepala Perwakilan Kantor Perwakilan Bank Indonesia atau KPWBI Provinsi Kalteng, Setian, menyampaikan 3 alternatif untuk pemerintah Provinsi Kalteng dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi ke depan. 

Hal ini disampaikan Setian pada acara desiminasi laporan perekonomian Kalteng, Kamis, 10 Oktober 2019. Saat ini, pertumbuhan ekonomi yang meningkat di Kalteng disumbangkan dari perkebunan kelapa sawit dan komoditas batu bara. 

Dalam desiminasi tersebut, muncul pertanyaan dari peserta bahwa sejauh mana peran BI pada sektor pariwisata? Hal ini disampaikan karena bukan tidak mungkin beberapa tahun ke depan batu bara bisa habis. 

"Memang setuju kalau omongin pertambangan yang dieksploitasi terus menerus akan habis. Kami sebelumnya sering menawarkan atau rekomendasi perlu mencari sumber ekonomi baru," 

"Tidak bisa bergantung terus ke sumber daya alam karena itu terbatas. Waktu itu ada tiga alternatif, pertama pariwisata, UMKM dan ekonomi syariah," ungkapnya.

Menurutnya, pariwisata cukup berpotensi untuk menumbuhkan perekonomian di Kalteng. Khususnya terkait dengan adanya orangutan yang bisa menjadi objeknya termasuk Taman Nasional Tanjung Puting dan masih banyak lainnya.

"Ekonomi syariah juga potensi besar baik tenaga kerja atau mendorong pertumbuhan ekonomi ke depan," tuturnya. 

Sementara itu, Asisten II Setda Kalteng Nurul Edy yang hadir pada acara desiminasi tersebut, mengaku sepakat dengan 3 rekomendasi yang disampaikan Setian. (BUDI YULIANTO/B-3)

Berita Terbaru