Hasil Laboratorium Sampel Air Sungai Awang Sudah Keluar

  • Oleh Prasojo Eko Aprianto
  • 11 Oktober 2019 - 05:46 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Barito Timur yang beberapa waktu lalu mengambil sampel air dari sungai Awang. Hasil dari laboratorium sejauh ini sudah keluar.

“Hasilnya sudah keluar dan menyebutkan bahwa air Sungai Awang dalam kondisi baik,” ucap  Pelaksana Tugas Kepala DLH Barito Timur Lurikto, Kamis 10 September 2019, Tamiang Layang.

Menurut Lurikto, air Sungai Awang dalam kondisi baik untuk periode pengambilan 2 Agustus 2019 atau pada periode pengambilan sampel 1 Agustus 2019 ada beberapa parameter yang melebihi baku mutu.

Pada periode pengambilan 1 Agustus 2019, diambil  beberapa sampel di tempat berbeda yaitu sampel Sungai Majuris, sampel anak Sungai Awang, dan sampel Sungai Awang.

“Pengambilan sampel di 3 tempat berbeda namun total sampel ada 5 dengan mengambil di spot berbeda juga, hasilnya semua melebihi baku mutu berdasarkan PP 82 tahun 2001 yaitu parameter TSS, BOD, COD,” tuturnya.

Pada periode pengambilan 2 Agustus 2009 hasil analisa kualitas air rona awal lokasi hulu Sungai Awang, hulu anak Sungai Awang dan hilir Sungai Awang parameter yang melebihi baku mutu sungai kelas II berdasarkan PP 82 tahun 2001.

Berdasarkan pada hasil tinjau lapangan DLH Bartim, yang didampingi aparat desa Janah Jari, dan perwakilan pihak perusahaan yang lokasi dekat dengan sungai awang, tidak ditemukan sumber lokasi atau aktivitas kegiatan yang dapat dinyatakan sebagai sumber dugaan pencemaran.

“Perlu diingat kondisi tersebut tidak bisa kita simpulkan merupakan kondisi yang diakibatkan dari aktivitas kegiataan pertambangan perusahaan meskipun lokasi aduan berdekatan,” pungkasnya. (EKO/B-5)

Berita Terbaru