Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pembangunan Transportasi di Ibu Kota Baru Selesai dalam 5 Tahun

  • Oleh Tempo.co
  • 11 Oktober 2019 - 09:00 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Pembangunan moda transportasi di ibu kota baru dapat selesai dalam 5 tahun. 

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi optimistis seluruh fasilitas transportasi umum di ibu kota baru akan selesai pada tahun kelima.

"Satu tahun ke depan perencanaan, dua tahun kemudian land-clearing. Tahun ketiga bisa mulai transportasi, tahun keempat dan kelima sarana sudah ada dan uji coba penggunaan transportasi massal itu," ujarnya, Kamis 10 Oktober 2019.

Saat ini, moda transportasi yang ada masih lebih konvensional. Namun, Budi Karya yakin proyek moda transportasi umum di ibu kota bisa diselesaikan sesuai target.

Dengan demikian, dia menegaskan yang menjadi tantangan kini masalah sosial yang perlu dipikirkan bagaimana angkutan yang ada di kota baru dan Balikpapan ada sinerginya. "Jadi harus kita pikirkan keduanya," imbuhnya.


Adapun, untuk moda transportasi menyeluruh di kota baru dan kota-kota satelitnya dapat selesai antara 10 tahun--15 tahun. Ide-ide berbagai moda pun sedang dikembangkan dan menangkap berbagai aspirasi masyarakat.

Ibu kota baru akan berada di Kabupaten Panajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara (Kukar) serta sebagian Balikpapan, Kalimantan Timur.

Alasan pemilihan wilayah tersebut yakni risiko bencana minimal baik bencana banjir, gempa bumi, tsunami, kebakaran hutan, gunung berapi, dan tanah longsor. Lokasinya yang strategis berada di tengah-tengah Indonesia.

Selain itu, berdekatan dengan wilayah perkotaan yang sudah berkembang, yaitu Balikpapan dan Samarinda, telah terdapat memiliki infrastruktur yang relatif lengkap serta telah tersedia lahan yang dikuasai pemerintah seluas 180.000 hektare. (TEMPO.CO)

Berita Terbaru