Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kabut Asap Pengaruhi Sektor Pertanian Tanaman Perkebunan di Kalteng

  • Oleh Testi Priscilla
  • 11 Oktober 2019 - 13:02 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Kantor Parwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah, Rihando melalui Ketua Tim Advisory Bank Indonesia Kalteng, Setian mengatakan, bencana kabut asap yang terjadi di Kalteng selama akhir bulan Juli hingga September 2019 ini mempengaruhi banyak sektor kehidupan, termasuk pertanian tanaman perkebunan.

"Dari sektor pertanian tanaman perkebunan, menurut informasi dari sejumlah pelaku usaha kelapa sawit, sangat memberi pengaruh di segi ekonomi," kata Setian kepada Borneonews pada Jumat, 11 Oktober 2019.

Terjadinya kabut asap, lanjut Setian, menyebabkan beberapa perusahaan harus mengalihkan sejumlah sumber daya manusianya untuk ikut memadamkan titik api di sekitar perkebunan agar tidak masuk ke dalam kebun perusahaan.

"Di samping itu, hari kerja pegawai juga mengalami penurunan, karena banyaknya pegawai yang sakit dan tidak masuk karena kabut asap," tambah Setian.

Hal ini juga menurutnya menyebabkan terdapat buah matang yang tidak ataupun telat untuk dipanen, dan berdampak terhadap turunnya tonase produksi.

"Kabut asap juga mengganggu kelangsungan hidup hewan penyerbuk, hal ini berpotensi memberikan dampak terhadap banyak bunga betina sawit yang tidak terpolinasi dengan baik, dan dapat mempengaruhi produksi pada bulanbulan berikutnya," jelasnya. (TESTI PRISCILLA/B-2)

Berita Terbaru