Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Wakatobi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemprov Kalteng Siapkan Pengembangan Kompetensi ASN Cetak SDM Unggul

  • Oleh Budi Yulianto
  • 11 Oktober 2019 - 14:56 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia atau BPSDM telah menyiapkan pengembangan kompetensi ASN untuk mencetak SDM yang unggul. 

Pengembangan kompetensi ini salah satunya melalui Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Pemerintahan Dalam Negeri atau Diklat Pimpemdagri agar dapat maju, bersaing dan bertahan dalam era global yang kompetitif ini.

"Saya menyimpulkan ada 2 parameter yang dapat dipakai untuk membedakan seseorang dapat dikatakan sebagai SDM unggul. Pertama menyangkut karakter dan kedua kemampuan atau kapasitas," kata Sekda Kalteng. 

Dia menjelaskan karakter yang diharapkan pada diri seorang manusia yang unggul adalah dedikasi, disiplin, jujur, inovatif, tekun dan ulet.

Juga memiliki kemampuan pengembangan jejaring kerja atau net work, kerja sama (tim work), meningkatkan kualitas diri dan hasil kerja dalam rangka menuju Kalteng BERKAH.

Sekda menambahkan, seorang apatur yang profesional dituntut mempunyai kompetensi (pengetahuan, keterampilan dan sikap) dalam menjalankan tugas. Kompetensi itulah yang nantinya akan mempengaruhi baik buruknya kinerja seorang aparatur sipil negara. 

Hal tersebut disampaikan Sekda Kalteng mewakili Gubernur Kalteng Sugianto Sabran pada pembukaan Diklat Pimpemdagri di Palangka Raya, Kamis, 10 Oktober 2019. Diklat ini akan berkahir 21 November 2019.

"Pendidikan dan pelatihan kepemimpinan pemerintahan dalam negeri adalah Diklat khusus yang diselenggarakan secara berjenjang untuk memenuhi salah satu persyaratan kompetensi pemerintahan dalam negeri, pada setiap jenjang jabatan pemerintahan di lingkungan pemerintah daerah," tuturnya. (BUDI YULIANTO/ADV/B-6)

Berita Terbaru