Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kutai Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Pertanian Barito Timur Bangun Gudang Obat

  • Oleh Prasojo Eko Aprianto
  • 11 Oktober 2019 - 16:20 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Mulai akhir 2019, Dinas Pertanian Kabupaten Barito Timur membangun gudang obat khusus pestisida karena selama ini gudang yang digunakan dinilai kurang layak.

"Pembuatan gudang tersebut untuk tanggap darurat hama. Ketika terjadi serangan hama, kita menggunakan obat yang ada di gudang supaya serangan hama jangan meluas," kata Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Bartim Riza Rahmadi, Jumat, 11 Oktober 2019.

Menurutnya, pada 10 Balai Penyuluh Pertanian (BPP) di Bartim, terdapat pengamat hama penyakit, baik itu hama penyakit pangan maupun perkebunan. Mereka bertugas mengamati serangan hama pada tanaman petani di wilayah tugas masing-masing. Untuk menujang tugas pengamat hama, Dinas Pertanian menyiapkan gudang obat.

"Nah, sebagai contoh jika terjadi serangan hama wereng pada padi, nanti setelah dilaporkan oleh penyuluh kepada pengamat hama, ada rekomendasi dari pengamat hama maka kita akan membantu petani kita terhadap serangan hama supaya jangan sampai meluas," ujar Riza.

Kabid Tanaman Pangan dan Holtikultura Elyakim menambahkan, obat yang disiapkan tersebut akan diberikan gratis kepada petani. Namun ada prosedur yang harus dilalui untuk mendapatkan obat secara gratis agar tidak terjadi penyalahgunaan.

"Prosedur untuk mendapatkan bantuan obat yakni, petani yang tanamannya terserang hama dan ingin mendapatkan bantuan obat, melapor kepada petugas penyuluh yang kemudian melaporkan kepada pengamat hama, nanti pengamat hama yang akan memberikan rekomendasi untuk mengambil obat ke Dinas Pertanian," pungkasnya. (PRASOJO/B-3)

Berita Terbaru