Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kutai Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wisata Mandi Safar Dimeriahkan Berbagai Lomba

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 11 Oktober 2019 - 17:16 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kegiatan wisata mandi safar di Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) dimeriahkan dengan sejumlah lomba untuk menarik masyarakat yang datang. 

"Kegiatan wisata mandi safar tahun ini kami meriahkan dengan sejumlah lomba modern dan tradisional," ujar Kepala Dinas Pariwisata Kotim Fajrurrahman, Jumat 11 Oktober 2019. 

Ada 7 kategori lomba yang dilaksanakan. Di antaranya kreasi janur atau hiasan yang berbahan daun kelapa, merajah daun sawang, syair maulid habsyi, hias wadai atau kue tradisional, lomba menggambar tingkat SD/SMP/tsanawiyah, fashion busana muslim, mewarnai tingkat TK, fotografi, dan kostum terbaik mandi safar. 

"Semua dibuka untuk masyarakat umum, dengan persyaratan yang sudah diterakan paniti saat mendaftar nantinya," katanya. 

Hadiah yang disiapkan juga cukup menggiurkan dari Rp 500 ribu hingga Rp 1 juta. Selain itu, dorprize juga disiapkan untuk masyarakat yang ikut menceburkan atau meramaikan mandi safar tersebut. 

Mandi safar sendiri akan digelar pada Rabu terakhir bulan Safar. Yakni pada 23 Oktober 2019 bertempat di dermaga Habaring Hurung dan menceburkan diri ke Sungai Mentaya.

Kegiatan tersebut merupakan tradisi yang sudah lama dilakukan oleh nenek moyang orang Sampit jaman dulu. (MUHAMMAD HAMIM/B-6) 

Berita Terbaru