Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sukoharjo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Barito Selatan Tinjau Pengolahan Air Bersih PDAM Tirta Barito

  • Oleh Uriutu
  • 11 Oktober 2019 - 18:30 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Bupati Barito Selatan Eddy Raya Samsuri meninjau pengolahan air bersih PDAM Tirta Barito Buntok, Jumat, 11 Oktober 2019.

"Setelah dilakukan pembenahan, pengolahan air bersih pada PDAM Tirta Barito sudah menjadi lebih baik," kata Eddy Raya Samsuri yang sebelumnya mengikuti senam bersama dengan karyawan PDAM.

Meski demikian, Bupati tetap meminta manajemen PADM terus melakukan pembenahan. Supaya kualitas air bersih dan pelayanan kepada masyarakat bisa terus ditingkatkan.

"Karena seperti yang diutarakan kepala BPK RI yang pernah berkunjung ke Barito Selatan, bahwa kualitas air PDAM Tirta Barito saat ini sudah bagus, dan itu dapat menjadi pemacu semangat kita dalam meningkatkan kualitas air dan pelayanan," ucapnya.

Pada 2020 mendatang, Bupati berharap ada pembangunan dan pemasangan pipa baru lagi. Mengingat masih ada sekitar 1.000 antrean permohonan pemasangan sambungan baru.

"Dengan adanya pembenahan dan pembangunan jaringan pipa tersebut, diharapkan ke depan PDAM Tirta Barito bisa dibanggakan, dan mampu memberikan profit, serta pemasukan bagi pendapatan asli daerah (PAD) Barito Selatan," ucap dia.

Di tempat yang sama, Plt Direktur PDAM Tirta Barito, Armadi, mengatakan bahwa semenjak dipercaya menjabat sebagai Plt Direktur PDAM pada 21 Agustus 2019, dirinya terus melakukan pembenahan.

"Pembenahan yang telah kita laksanakan yakni membongkar saluran limbah pembuangan dan menguras Water Treatment Plant (WTP)," jelasnya.

Selain itu, telah menguras reservoar atau bak penampungan yang beberapa tahun sebelumnya tidak pernah dibersihkan. Saat ini, PDAM sedang membuat peta jaringan untuk Buntok dan IKK yang digarap tim satu data PUPR, PDAM, dan Bappeda.

"Termasuk mencat dan membenahi kantor yang dilakukan karyawan PDAM secara bergotong royong," beber dia.

Berita Terbaru