Polsek Katingan Hilir Interogasi Pemilik Lahan Terbakar

  • Oleh Abdul Gofur
  • 11 Oktober 2019 - 23:06 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Jajaran Polsek  Katingan Hilir menginterogasi pemilik lahan terbakar di Jalan Tjilik Riwut Km 25 Desa Hampalit.

Kapolsek Katingan Hilir, Iptu Nurheriyanto Hidayat, Jumat, 11 Oktober 2019 mengatakan, lahan yang terbakar tersebut milik Ambur.

Wilayah tersebut memang terjadi kebakaran sejak kemarin, sebelumnya sudah dilakukan pemadaman oleh anggota Polsek Katingan Hilir bersama tim gabungan. Namun karena saat ini sedang musim kemarau sehingga cuaca panas dan lahan kering memicu karhutla kembali terjadi. 

Sehingga Kapolsek Katingan Hilir memerintahkan Kanit Reskrim untuk mengamankan status quo di TKP dan melakukan introgasi terhadap pemilik lahan dan saksi - saksi yang berada ditempat. Hal ini dilakukan untuk mencari tahu apakah karhutla tersebut dipicu oleh faktor alam atau kesengajaan manusia. 

Kapolsek Katingan Hilir Iptu Nurheriyanto Hidayat mengatakan pihaknya akan menindak tegas apabila dari hasil introgasi menunjukkan adanya faktor kesengajaan. 

 “Tentunya kami serius menanggapi persoalan karhutla ini, karena masyarakat sendiri yang meminta kami untuk menindak tegas para pelaku pembakaran hutan dan lahan, dan apalagi sekarang cuaca sudah dalam keadaan baik dan tiba - tiba kembali terjadi karhutla, hal ini tentunya meresahkan masyarakat,'' tegas Kapolsek Katingan Hilir, Iptu Nurheriyanto Hidayat. (ABDUL GOFUR/B-5)

Berita Terbaru