Wakil Bupati Katingan Buka Sosialisasi Manajemen Pengelolaan Masjid

  • Oleh Abdul Gofur
  • 12 Oktober 2019 - 11:20 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Wakil Bupati Katingan Sunardi Litang membuka sosialisasi manajemen pengelolaan masjid di Masjid Nurul Iman Kasongan, Sabtu, 12 Oktober 2019.

Kegiatan sosialisasi manajemen pengelolaan masjid ini diselenggarakan pihak Pengurus Daerah Dewan Masjid Indonesia atau PD-DMI Kabupaten Katingan tahun 1441 Hijriyah atau tahun 2019.

Dalam kesempatan ini, Wabup Sunardi Litang juga memberikan kalender kepada sejumlah pengurus masjid. Menurut Wabup Sunardi Litang, masjid merupakan satu intitusi sentral dalam peradaban Islam dan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari sejarah umat Islam.

Dari masjidlah tumbuh dan berkembang khasanah pemikiran dan keilmuan serta strategi pemberdayaan dan penguatan kapasitas umat Islam. "Masjid sejatinya selain menjadi basis ideologi dan spiritual umat Islam, juga berperan sebagai wahana untuk memfasikitasi berbagai upaya pemberdayaan dan penguatan budaya serta berbagai bidang lainnya," kata Wabup Linardi Litang.

Bagi seorang muslim, lanjut Wabup Sunardi, masjid adalah lembaga terpenting setelah rumah dan tempat kerja. Pasalnya, dia merupakan pusat kegiatan komunitas muslim, tempat bersosialisasi, dan tempat kembali mensucikan dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

"Kita semuanya berkepentingan agar masjid dijaga jangan sampai jatuh ke tangan mereka yang mnyebarkan gagasan yang tidak Islami seperti radikalisme, fanatisme, sektarian, permusuhan terhadap agama dan kepercayaan orang lain, tempat berkampanye dan anjuran-anjuran provokatif yang bisa berujung kepada tindak kekerasan dan terorisme," imbuh Wabup Sunardi Litang. (ABDUL GOFUR/B-5)

Berita Terbaru