Wakil Ketua DPRD Kotim: Pulihkan Areal Bekas Kebakaran Lahan

  • Oleh Naco
  • 12 Oktober 2019 - 12:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Wakil Ketua DPRD Kotim H Rudianur meminta kepada Pemkab Kotim untuk melakukan upaya pemulihan di areal bekas kebakaran lahan.

Rudianur meminta agar jangan sampai areal itu kembali jadi semak belukar sehingga terus menerus setiap tahun jadi langganan kebakaran.

"Jika tidak kita segera pulihkan maka akan jadi areal titik api lagi nantinya," ucap politisi Partai Golongan Karya itu, Sabtu, 12 Oktober 2019.

Rudianur meminta ada program pengembangan lahan terlantar yang dilakukan oleh pemerintah. Apakah itu menggandeng pemerintah provinsi atau pusat.

"Misalnya dengan memberikan bibit kepada masyarakat agar bisa ditanam. Jika ada yang tumbuh diatasnya saya yakin mereka akan merawatnya," ucapnya.

Selama ini lahan itu terlantar karena diatasnya tidak pernah ada tumbuh apapun. Sehingga saat memasuki musim kemarau kebakaran terjadi.

Di sisi lain juga Rudianur meminta pemerintah bisa mengajak masyarakat untuk memberdayakan lahan yang selama ini dianggap terlantar itu.

Dengan adanya dorongan dari pemerintah dirinya yakin masyarakat juga akan aktif memberdayakan lahan mereka tersebut. (NACO/B-5)

Berita Terbaru