Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pasaman Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jokowi Calonkan Mari Elka Pangestu Jadi Petinggi Bank Dunia

  • Oleh Tempo.co
  • 12 Oktober 2019 - 12:12 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mencalonkan mantan menteri Mari Elka Pangestu untuk menjadi petinggi di Bank Dunia atau World Bank.

“Presiden mencalonkan Ibu Mari (Elka) Pangestu jadi wakil di World Bank. Sekarang sedang diproses,” ujar Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan di kantornya, Jumat 11 Oktober 2019.

Menurut Luhut, Jokowi menyorongkan Mari karena dinilai punya kemampuan khusus di bidang ekonomi. Selain itu, mantan Menteri Perdagangan era Susilo Bambang Yudhoyono ini dinilai mumpuni dan memiliki kualifikasi sesuai dengan standar internasional. 

Penunjukan Mari Elka merupakan bentuk keseriusan Indonesia mendukung anak bangsa menjadi pemimpin di level dunia.

Menurut Luhut selama ini Indonesia kurang progresif mengirimkan wakilnya ke organisasi terkemuka internasional tersebut. 

Meski nama Mari Elka belum secara resmi dikirim ke World Bank, Luhut mengatakan Jokowi telah melakukan pendekatan dengan World Bank.

“Presiden akan telepon sendiri ke organisasi itu untuk mengirim wakil dari Indonesia,” tuturnya. 

Mari Elka telah dua kali menduduki kursi menteri. Pada 2004, didapuk oleh SBY menjadi Menteri Perdagangan. Kemudian, di Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II, ia ditunjuk menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggantikan Jero Wacik yang tersangkut kasus rasuah. 

Tempo telah mencoba menghubungi Mari Elka Pangestu melalui pesan pendek dan telepon terkait penunjukannya sebagai perwakilan Indonesia di Bank Dunia. Namun, hingga berita ini diturunkan, ia tidak memberikan jawaban. (Inilah.com)

Berita Terbaru