Meski Kadang Hujan, Karhutla masih Terjadi di Wilayah Katingan

  • Oleh Abdul Gofur
  • 12 Oktober 2019 - 16:50 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Meski terkadang hujan mengguyur sejumlah wilayah di Kabupaten Katingan termasuk Kecamatan Katingan Hilir, kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla masih terjadi di kabupaten hasil pemekaran dari Kabupaten Kotawaringin Timur ini.

Dari pantauan borneonews.co.id, dalam beberapa hari terakhir tim gabungan penanggulangan karhutla yang terdiri dari TNI, Polri, Satpol PP, BPBD, Tagana dan masyarakat peduli api masih disibukkan dengan pemadaman kebakaran hutan dan lahan itu.

Terbaru, kebakaran lahan terjadi di Jalan Durian Kasongan pada Kamis 10 Oktober 2019. Namun setelah beberapa jam kemudian dengan hadirnya tim gabungan kebakaran lahan di wilayah ini berhasil dipadamkan.

Kemudian pada Jumat, 11 Oktober 2019 sore kebakaran lahan juga kembali terjadi di lahan kosong Jalan Tjilik Riwut Km 4 arah Palangka Raya tepatnya di belakang Lembaga Pemasyarakatan Kelas III khusus Narkoba. Bahkan tim gabungan melakukan pemadaman api ini hingga malam.

Sementara itu, cuaca panas dalam beberapa hari terakhir kembali melanda wilayah Kabupaten Katingan hingga kembali menyebabkan kebakaran lahan. Meski demikian cuaca di Kasongan dan sekitarnya tampak cerah, dan tidak ada kabut asap.

Plt Kepala BPBD Kabupaten Katingan, Akhmad Rubama membenarkan jika kebakaran hutan dan lahan sampai saat ini masih terjadi di daerahnya terutama wilayah rawan terjadinya karhutla seperti Kecamatan Katingan Hilir. Menurutnya, berdasarkan prakiraan cuaca pihak BMKG Provinsi Kalteng, musim kemarau tahun 2019 ini berlangsung hingga Nopember 2019 nanti. Namun di sela kemarau ada kalanya turun hujan. (ABDUL GOFUR/B-2)

Berita Terbaru