Pantai Pegatan Katingan Ini Bakal Dihijaukan dengan Hutan Mangrove

  • Oleh Abdul Gofur
  • 12 Oktober 2019 - 23:50 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Sebagian Pantai Pegatan di wilayah Kecamatan Katingan Kuala Kabupaten Katingan dalam waku tidak lama lagi bakal dihijaukan dengan hutan mangrove atau hutan bakau.

Bahkan, sejauh ini pihak Kecamatan Katingan Kuala telah memfasilitasi agenda rapat koordinasi dengan berbagai pihak terkait orientasi rencana rehabilitasi mangrove ini oleh pihak Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai atau BPDAS Kahayan. 

"Rencananya lokasi  penghijauan hutan mangrove itu berada di Gosong atau Pantai Sekonyer Kelurahan Pegatan Hilir yang berbatasan langsung dengan Laut Jawa," ujar Camat Katingan Kuala, Suryanto, Sabtu, 12 Oktober 2019.

Suryanto mengaku sejauh ini areal pantai yang telah disediakan sepanjang dua kilometer dengan lebar 100 meter. "Lokasinya sangat potensial dikembangkan, dan selama ini sudah diukur menggunakan JPS," aku Suryanto.

Camat Katingan Kuala, Suryanto berharap dengan selesainya dokumen perencanaan maka pihak berwenang bisa segera menindaklanjuti kegiatan tersebut. "Yang jelas lokasinya mendekati lumpur tepi pantai  sehingga hutan bakau yang bakal ditanam dapat tumbuh dengan baik di air asin atau payau.

Selain itu, sejauh ini Pantai Pegatan di wilayah Kecamatan Katingan Kuala merupakan wilayah pasang sehingga dinilai sangat cocok untuk penghijauan dengan hutan bakau tersebut.

Suryanto juga menambahkan, hutan mangrove telah ditanam. Ke depan Pantai Skonyer Pegatan ini juga dikembangkan sebagai obyek wisata andalan di wilayahnya. 

"Untuk saat ini kami fokus dulu terkait penghijauan hutan bakau itu, dan ke depan memang dikembangkan sebagai obyek wisata andalan kita," imbuh Camat Katingan Kuala, Suryanto. (ABDUL GOFUR/B-2)

Berita Terbaru