Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sumbawa Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DLH Sukamara Tegaskan Ikan Mati Bukan karena Limbah

  • Oleh Norhasanah
  • 13 Oktober 2019 - 09:36 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sukamara, Rendy Lesmana menegaskan banyaknya ikan mati akibat perubahan warna air Sungai Jelai, bukan karena faktor limbah.

"Hasil kesimpulan sementara dengan melihat sifat fisik air Sungai Jelai di wilayah hulu bahwa yang menyebabkan ikan mati bukan limbah," ucap Rendy, Minggu 13 Oktober 2019.

Menurut Rendy, penyebab ikan mati karena oleh alam. Oksigen dalam air menurun drastis, sehingga membut ikan kesulitan bernafas.

"Jadi kematian ikan-ikan ini bukan karena keracunan, tapi karena kekurangan oksigen, termasuk tanda fisik pada ikan terindikasi karena kekurangan oksigen," ujarnya.

Rendy berharap dengan adanya penelitian dan hasil yang telah dilakukan disampaikan kepada masyarakat, maka kegelisahan yang dirasakan saat ini bisa terjawab.

"Itu penjelasan dan kesimpulan sementara dari kami, dengan melihat sifat fisik air di lapangan, kemudian dicocokkan dengan literatur yg dibaca," tuturnya.

"Mudah-mudahanan bisa mengurangi kegelisahan hati masyarakat yang ingin mengonsumsi ikan. Untuk lebih menyakinkan kami juga sudah mengambil sample air dan akan diuji di laboratorium lebih lanjut," tukasnya. (NORHASANAH/B-6)

Berita Terbaru