Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sragen Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Kotim Minta Bupati Evaluasi SOPD Minim Serapan Anggaran

  • Oleh Naco
  • 13 Oktober 2019 - 09:56 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Wakil Ketua DPRD Kotawaringin Timur (Kotim), Rudianur meminta bupati mengevaluasi kinerja SOPD yang minim realisasi serapan anggaran pada triwulan III.

"Terus terang kami terkejut, tinggal beberapa bulan saja ini, sementara realisasi baru 62,59 persen," kata Rudianur, Minggu 13 Oktober 2019.

Berdasarkan data, hingga 30 September 2019 realisasi pendapatan baru mencapai 62,59 persen dari target 85 persen. Sementara realisasi belanja 57,97 persen dari target 86 persen.

Rudianur meminta kepala daerah bisa mendorong SOPD yang belum mampu merealisasikan itu, mulai dari pelaksanaan kegiatan hingga menggenjot pendapatan asli daerah.

Bahkan Rudianur meminta bagi SOPD yang dinilai tidak mampu menyerap anggaran agar dievaluasi.

"Terutama kepala SOPD sudah diberi anggatan, tapi tidak mampu menyerapnya," ucapnya.

Saat pembahasan anggaran, sejumlah SOPD berlomba-lomba mengusulkan anggaran, bahkan dewan dengan selektif mengabulkannya di tengah keterbatasan. Namun dalam tataran pelaksanaannya tidak sesuai yang diharapkan.

Maka dari itu ke depan mereka akan lebih selektif lagi mengabulkan usulan anggaran terutama bagi SOPD yang tidak mampu menyerap anggarannya. "Karena masih banyak keperlun lain yang juga skala prioritas," pungkasnya. (NACO/B-6)

Berita Terbaru