Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Kobar Hadiri Tapung Tawar Perlengkapan Babarasih Banua

  • Oleh Wahyu Krida
  • 13 Oktober 2019 - 13:12 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Sebelum acara puncak Bebarasih Banua di Kelurahan Kumai Hulu, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Rabu 16 Oktober 2019 digelar pelepasan dan tapung tawar beragam perlengkapan yang akan digunakan dalam ritual, Minggu 13 Oktober 2019 di Jalan H M Idris.

Kegiatan tapung tawar dipimpin Demang Kepala Adat Kumai, Hermansyah yang merupakan juriat HM Idris yang pertama kali menggelar ritual Babarasih Banua.

"Kegiatan ini merupakan rangkaian peringatan HUT ke 60 Kobar. Ritual adat ini untuk memohon kepada Allah agar daerah kita diberikan keberkahan, kedamaian dan dihindarkan dari bala bencana," jelas Bupati Kobar Nurhidayah.

Kegiatan ini juga untuk mempertahankan tradisi leluhur agar tidak hilang dan dikenal oleh generasi yang akan datang.

"Terlebih di Kobar ada kesultanan dan perjuangan melawan penjajah guna mempertahankan kemerdekaan bangsa kita. Bisa dikatakan kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi dan penghargaan terhadappahlawan dan pendiri Kobar," jelasnya.

Menurutnya kegiatan yang penuh dengan nilai budaya ini juga sengaja diangkat guna mempromosikan pariwisata Kobar.

"Berbagai kegiatan yang kita gelar guna mempromosikan pariwisata sengaja kita branding dengan nama dan bentuk yang sangat menonjolkan kearifan lokal. Lantaran kegiatan seperti ini merupakan potensi pariwisata yang harus terus kita kembangkan," sebutnya.

Seusai kegiatan tapung tawar ini bupati dan rombongan juga sempat berziarah ke makam HM Idris yang terletak sekitar 100 meter dari lokasi kegiatan. (WAHYU KRIDA/B-6)

Berita Terbaru